Tips Aman Menggunakan Car Seat untuk Si Kecil Saat Mudik

Senin, 19 Juni 2017 - 11:20 WIB
Tips Aman Menggunakan Car Seat untuk Si Kecil Saat Mudik
Tips Aman Menggunakan Car Seat untuk Si Kecil Saat Mudik
A A A
JAKARTA - Banyak orang tua kerap meletakkan buah hatinya di car seat saat berpergian dengan menggunakan mobil, termasuk ketika menjalankan mudik perjalanan jauh. Namun, para ilmuwan menekankan penggunaan car seat tidak lebih dari 30 menit perjalanan.

Pasalnya, hal ini bisa meningkatkan risiko bayi tercekik. Dilansir dari Daily Mail, pada dasarnya bayi yang masih kecil memiliki otot leher yang belum cukup kuat untuk mencegah kepala mereka terdorong ke depan yang bisa membuat mereka tidak bisa bernapas.

Selain itu, para produsen juga menyarankan agar bayi tidak ditinggal di car seat selama lebih dari dua jam. Tak ketinggalan, para dokter dan yayasan sosial menyarankan produsen car seat untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang bahaya perjalanan jauh menggunakan car seat.

"Jika Anda bisa menghindari perjalanan mobil, lebih baik hindari. Batasi tidak lebih dari 30 menit perjalanan. Tapi, akan lebih baik untuk menghindari perjalanan mobil dengan bayi," papar dokter anak di Bristol University, Dr Peter Fleming.

Dalam penelitian ini, Dr Fleming bersama timnya menggunakan laboratorium guna membuat replika untuk mengetahui bagaimana efek samping tertidur di car seat dalam perjalanan dengan kecepatan 40 km per jam. Hasilnya menunjukkan, setelah setengah jam perjalanan, jumlah oksigen dalam darah bayi berusia dua bulan menurun sangat drastis dan detak jantung meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian ini, para orang tua harus memastikan bayi berada dalam kursi yang benar-benar aman selama perjalanan. Selain itu, untuk memastikan bayi masih bernapas dengan baik, orang dewasa juga harus duduk di sebelah bayi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4886 seconds (0.1#10.140)